Dec
26

Berapa lama untuk belajar Chrom ?

By

Waktu yang diperlukan untuk belajar chrom adalah :

1. Mengenal dan cara menggunakan peralatan chrom (1 – 2 jam).

2. Cara kerja dan standard kerja Chrom (1 – 2 hari)

3. Teknik Poles (1 – 2 minggu)

4. Cara mengatasi masalah-masalah di Chrom (1 – 2 bulan)

Belajar chrom tidak bisa dilakukan hanya dengan belajar dari buku atau melihat saja, harus ada yang membimbing dan langsung mempraktekkan apa yang sudah dipelajari, mirip dengan belajar naik mobil. Apabila ingin belajar naik mobil harus ada mobil untuk prakteknya, begitu juga belajar chrom. Harus ada pembimbing yang memberi petunjuk dan membantu mengatasi masalah. Dan peranan pembimbing ini sangat penting agar kualitas chrom yang dihasilkan bagus.

Kalau hanya untuk belajar bisa chrom hanya dibutuhkan waktu 1 – 2 hari. TapiĀ  untuk mahir mengerjakan semua jenis dan ukuran barang, dibutuhkan jam terbang atau pengalaman yang cukup lama. Hal ini juga tergantung dari kemampuan dan kreatifitas masing-masing. Oleh sebab itu, bagi mereka yang ingin serius belajar chrom wajib memiliki peralatan chrom.

Kapasitas alat chrom yang cocok untuk mulai belajar sekaligus mulai kerja adalah 100 liter. Karena dengan kapasitas tersebut bisa digunakan untuk mengerjakan barang berukuran kecil sampai ukuran sedang, jadi cocok untuk latihan.

Daya listrik yang dibutuhkan untuk kapasitas 100 liter minimal 2.200 watt, dan luas tempat kerja sekitar 3 x 4 m untuk chrom serta 3 x 3 m untuk poles.

Apabila sudah mahir, dan ukuran barang yang ingin dikerjakan lebih besar seperti velg atau frame sepeda motor, kapasitas bak bisa dinaikkan menjadi 400 liter, dengan daya listrik minimal 6.600 watt.

Ukuran barang yang bisa dikerjakan tergantung dari ukuran bak, sehingga diperlukan design bak yang sesuai dengan bentuk barang yang ingin dikerjakan.

Apabila Anda serius ingin belajar chrom, silahkan menghubungi kami. Dengan senang hati kami akan membantu.

Join the forum discussion on this post - (1) Posts

77 Comments

1

mau nanya klo mau bikin usaha crome…. perlu biaya brapa untuk semua peralatannya

2

Untuk kapasitas 100 liter membutuhkan modal peralatan dan bahan sekitar 25 juta.
Terima kasih.

3

Selamat Sore,
Sya mau nnya,biaya utk buka usha ini brp?(lengkap dgn prlatn & bahannya)
kl sistem krja sama itu gmn? sya ingin buka didaerah sya. mohon informasinya. thnks

4

Untuk kerja sama, saat ini kami tidak bisa melakukan. Kami hanya menyuplai bahan dan alat, serta membimbing dalam proses kerjanya.
Untuk modal awal minimal 25 juta. Apabila serius, silahkan menghubungi kami.
Terima kasih.

5

Kalau mau belajar gold electroplating beserta peralatannya habis berapa..? Terus jenis logam apa saja yang bisa di gold electroplating…? Trims.

6

Maaf, kami tidak menyediakan pelatihan atau bahan untuk Gold Plating.
Terima kasih.

7

saya mau tanya untuk biaya belajar cara pembuatan krom itu berapa dan waktunya berapa lama?

8

Dipostingan sudah kami jelaskan waktu yang diperlukan untuk belajar chrom. Jadi kalau ada kursus atau pelatihan yang waktunya hanya beberapa jam saja itu berarti yang diajarkan hanya perkenalan saja. Sedang untuk belajar dasar dari proses kerja diperlukan waktu sekitar 3 hari, dan selanjutnya harus sering praktek dan dibimbing sampai bisa mandiri. Oleh sebab itu kami hanya memberikan pelatihan untuk pembeli paket dari kami. Untuk perincian paket bisa dilihat disini.
Terima kasih.

9

Maaf pak mau tanya ,
Kalau untuk kapasitas bak 100 liter memerlukan
Biaya sekitar 25jt kan, nah seandainya nanti
Ingin memperbesar kapasitas bak menjadi 400 liter
Kira-kira berapa biaya yang harus di keluarkan?
Terima kasih

10

Untuk menaikkan kapasitas dari 100 liter menjadi 200 liter dengan rectifier tetap, dibutuhkan biaya sekitar 12 jutaan.
Terima kasih.

11

Kalau kita mau chrome model celup tanpa pakai listrik bisa gk ya?

12

Kalau nickel saja bisa yaitu electroless nickel. Untuk electroless chrome belum ada penggunaan secara komersial.
Terima kasih.

13

untuk elektroplating krom, bisa dilakukan di dalam barel atau tidak?? (barang-barang yg di plating ukurannya kecil)..
=terima kasih=

14

Chrom Plating tidak bisa dilakukan dengan barel. Makanya untuk barang kecil biasanya hanya dinickel atau apabila ingin warnanya mirip chrom, bisa dilanjutkan dengan proses Cobalt alloy plating.
Terima kasih.

15

1. Saya mau mengikuti Pelatihan dan membeli paket khususnya untuk wilayah jakarta di mana ya ?

2. link untuk perincian paket bisa dilihat disini (comments no. 8) tidak dapat di buka mohon bantuannya.

3. Terima kasih banyak atas bantuannya.

16

1. Untuk pembelian paket dan pelatihan hanya ada di Surabaya. Kami tidak punya cabang di Jakarta.
2. Mohon maaf, karena beberapa hari sebelumnya system kami sedang error. Untuk perincian paket bisa dilihat di bagian product di sini.
3. Untuk jelasnya silahkan hubungi kami di 081230811733 atau 0818328248.
terima kasih.

17

nanya boss..
limbah nya gimana ngolahnya yah ??

18

Untuk penanganan limbah chrom bisa lihat postingan mei 2010

19

maaf saya mau nanya..untuk hasil akhir alias mengkinclongkan logam pakai obat apa ya? trus tahap2 nya gmn? mohon bimbingannya..terimakasih

20

Untuk mengkilapkan logam bisa pakai batu hijau (merk langsol) atau autosol. Caranya digosokkan dengan kain halus atau pakai mesin poles.

21

klu permukaan benda terlihat kuning apakah bisa memakai langsol?

22

Untuk gantungan pakaian atau hanger biasanya dilapisi dengan zinc plating.
Proses zinc plating memang lebih mudah dari chrom plating, tetapi tetap sulit untuk orang awam.
Jadi lebih baik dijasakan daripada mengerjakan sendiri. Apalagi hanya untuk perbaikan, bukan produksi.
Sebaiknya anda cari jasa zinc plating terdekat.
Terima kasih.

23
alexander pramining
April 24th, 2012 at 21:41

assalamu alaikum
saya berminat nie pa…
pelatihan nya dimana ???
soal nya saya ingin membuka usaha crome…

24

Tempat pelatihan kami di surabaya. Tetapi kami hanya melatih untuk pembeli paket bengkel chrom.
Untuk pembelian paket, kami tidak melayani wilayah yang berdekatan dengan pembeli paket sebelumnya.
Kami menerapkan sistem area untuk melindungi pembeli paket dari kami, agar tidak terjadi persaingan tidak sehat.
Keterangan lebih lanjut silahkan hubungi kami di 081230811733 atau 0818328248.
Terima kasih.

25

saya dari malaysia.
saya berminat macam mana saya ingin mendapatkan latihan dan produk dari pihak tuhan.diharap pihak tuan dapat membantu.

26

Maaf, untuk saat ini kami hanya menjual untuk wilayah indonesia saja.
Terima kasih.

27

salam kenal… mau tanya hasil celup nikel kok gelembung2 kyk gak lengket kenapa ya…. terima kasih

28

Maaf, kami tidak bisa membantu mengatasi masalah tersebut, karena kami tidak tahu kondisi cairan, alat yang digunakan, dan cara kerjanya.
Itulah kenapa kami hanya melatih dan mengatasi masalah hanya untuk pembeli paket alat kami.

Terima kasih.

29

Maaf,saya ada di kota Tayu-kab. Pati jateng. Sudah adakah – usaha ini dari “clien” Anda? Kalau belum ada, mau nih buka usaha chom ini.Makasih.

30

Kami belum memiliki customer di Pati. Kemungkinan sudah ada bengkel chrom di Pati, hanya kami sendiri tidak tahu.
Anda sebagai penduduk Pati bisa mencari informasi sendiri tentang hal tersebut.
Dalam membuka bengkel chrom, yang paling penting apakah market didaerah tersebut cukup besar.
Karena untuk bisa untung, dibutuhkan omset minimal 10 juta perbulan.
Kalau memang berminat silahkan hubungi kami.
Terima kasih.

31

1.Saya mau tanya untuk wilayah jakarta apa sdh ada cabang dr anda

2.kl paket crom plastik brp smp bisa buka,brp lama proses bljarnya.

3.Kl paket crom logam/aluminium.bahanya bisa untuk brp lama.untuk selanjutnya sulit tidak mencari bahan djkt.
Terimakasih.

32

1. Kami hanya ada di Surabaya, tidak ada cabang di tempat lain.
2. Kami tidak menyediakan paket chrom plastik, karena butuh modal besar dan tidak bisa dipelajari setiap orang.
3. Selama cairan chrom dijaga kondisinya, bisa dipakai selamanya. Untuk menjaga kondisi itulah diperlukan pengetahuan khusus.
terima kasih.

33

kalau ingin praktek crom di mna maz???

34

Sepengetahuan kami, tidak ada yang menyediakan tempat praktek untuk chrom. Bengkel chrom yang sudah jalan, tidak akan memperbolehkan orang luar masuk ke lokasi kerja.
Sedang tempat yang menyediakan kursus, biayanya sekitar 1 juta perhari untuk kursus private. Sedang untuk bisa chrom dibutuhkan latihan bulanan.
Kalau hanya kursus beberapa hari, anda tetap tidak akan bisa.
Itukah sebabnya kami hanya melatih untuk pembeli paket bengkel chrom selama 3 hari, selanjutnya bisa latihan sendiri dengan alat tersebut.
Anda hanya bisa belajar gratis, bila anda mau bekerja sebagai karyawan di bengkel chrom. Itupun hanya sebagai pelaksana saja.
Karena pemilik bengkel chrom akan merahasiakan campuran bahan kimia dan bagaimana cara mengatasi masalah di chrom.
Anjuran kami, jangan sekali-kali anda membeli alat chrom dengan kapasitas terlalu kecil, karena apabila kapasitas dinaikkan, hampir semua alat tersebut tidak bisa digunakan lagi.
Terima kasih.

35

Gan mau tanya kalo paket yang 200 & 400 liter berapa harganya???kalau beli alatnya dijamin bahan bakunya??saya rencana mau buka nih

36

Untuk pemula, kami hanya menyediakan paket 100 dan 200 liter. Karena kapasitas tersebut cocok untuk memulai usaha bengkel chrom, dan biaya opersionalnya dan modalnya tidak terlalu besar untuk belajar dan berlatih.
Untuk kapasitas 400 liter tidak cocok untuk bengkel chrom yang melayani modif motor, karena ukurannya tanggung, terlalu besar untuk mengerjakan barang kecil dan terlalu kecil untuk barang besar. Juga tidak cocok untuk pemula.
Apabila usaha bengkel mulai ramai dan banyak permintaan untuk barang besar (sasis motor), bisa upgrade ke kapasitas 800 liter.
Untuk harga paket bisa menghubungi kami di 0818328248 atau 081230811733,
Kami hanya menjual paket untuk lokasi yang belum ada pembeli paket, dan ada ekpedisi dari surabaya yang menuju ke lokasi tersebut.
Pembeli paket juga harus ikut pelatihan di surabaya, karena belajar chrom tidak bisa melewati buku, video atau kursus (teori dan demo saja).
Terima kasih.

37

kalau untuk ukura 400 liter berapa harganya??saya dari jakarta apa bisa dilayani untuk pembelian paket??

38

Saat ini untuk wilayah jakarta masih bisa kami layani. Kami tegaskan sekali lagi, bahwa kami hanya melayani paket bengkel chrom 100 liter dan 200 liter untuk pemula. Kecuali untuk produksi, kami bisa mensetting sesuai dengan bentuk barang dan jumlah produksi.
Kalau memang anda serius, silahkan menghubungi kami.

39

oh maaf maksud saya 200 liter????

40

Untuk harga paket 200 liter, silahkan hubungi kami di 0818328248 atau 081230811733.

41

nanya gan itu daftar tempat2 crom di samping hasil dari pelatihan anda atau sekedar kenalan aja?

42

Daftar bengkel chrom yang diwebsite merupakan customer kami. Diantaranya ada yang pembeli paket yang sudah kami latih (lihat hasilnya di galery photo). Ada juga yang sebelumnya membeli paket dari orang lain, dan akhirnya mengganti total alat dan bahannya dengan produk kami.
Untuk pembeli paket, pasti kami cantumkan bila hasil chrom mereka sudah bagus. Dan tidak semua customer, kami cantumkan.
Jadi bukan sekedar kenalan saja.

43

Utk 100liter, d butuhkan dana 25jt. Itu sdh +belajarnya apa tidak?

44

Harga paket alat bengkel chrom saat ini 27,% juta, belum termasuk ongkos kirim. Sudah termasuk pelatihan 3 hari, tidak termasuk akomodasi.
Penjelasan ada di website di paket bengkel chrom 100 liter.
Terima kasih.

45

Pagi pak,
saya tertarik melakukan plating nikel tanpa penghantar listrik,bisa minta tolong dijelaskan cara kerjanya, sama bahannya harus beli dimana serta ketahanannya seberapa kuat saya mau nikel bahan dasarnya dari kuningan.
mohon penjelasannya dan terima kasih atas bantuannya.

46

Maaf Pak, kami tidak menjual bahan tersebut. Jadi kami tidak bisa membantu.
Terima kasih.

47

Selamat malam pak,
Saya sangat tertarik berinvestasi ke usaha ini.
Apakah bisa saya mendapatkan detail secara personal dengan bapak ?
melalui email saya atau bagaimana saya bisa
menghubungi bapak ?

Terima kasih,
Bambang Batam

48

Maaf Pak, untuk wilayah batam kami tidak bisa melayani, karena ada kendala di transportasi / Ekspedisi. Biaya Ekspedisi Surabaya-Batam minimal 2 m3 atau sekitar 2 jutaan. Untuk peralatan paket mungkin tidak masalah. Tapi untuk pembelian bahan untuk operasional selanjutnya dalam jumlah kecil tidak bisa menggunakan ekspedisi udara (Tiki/JNE), karena ada yang berbentuk cairan.
Untuk jelasnya silahkan hubungi kami di 0818328248 / 081230811733.
Terima kasih.

49

D mana bsa blajar krom d daerah surabaya

50

Belajar teori crom tidak bisa lewat kursus singkat. Karena untuk mensetting alat crom yang benar membutuhkan pemahaman teori crom dan praktek yang cukup. Untuk mensetting paket bengkel crom, kami membutuhkan waktu 6 bulan untuk merancang dan mengumpulkan peralatan dan bahan yang tepat, sehingga orang awam lebih mudah untuk menggunakannya.
Untuk orang awam hanya bisa mempelajari cara kerja crom, sedang untuk teori crom membutuhkan pengetahuan kimia, listrik dan metalurgi yang cukup.
Ada beberapa orang yang sudah mengikuti kursus, dan akhirnya membeli peralatan bengkel crom kami, dan saat ini mereka sudah menerima order crom.
Hanya untuk wilayah surabaya dan sekitarnya saat ini kami sudah tidak menerima pembelian paket, karena sudah ada yang membeli paket dari kami.
Terima kasih

51

Bg ini dari labuhan batu.r.prapat.
Klo belik paket brarti uda smua itu y bg,
alat2 chrom y.
Trus cara masang y gmn bg

52

Penjelasan sudah ada di paket bengkel crom 100 liter.
Untuk penjelasan lebih detil silahkan hubungi kami di 0818328248 atau 081230811733.

53

Klo yg di asahan itu, cabang dari sana jg y bg.
Klo kursus sma org itu bisa g bg,

54

Di labuhan batu rantau prapat,
uda ada blm yg mesan paket chrom

55

Maaf untuk rantau prapat kami sudah tidak bisa melayani.
terima kasih

56

Kami tidak pernah menerima kursus crom, hanya melatih pembeli paket. Bengkel di asahan bukan cabang, dan mereka juga tidak buka kursus.

57

Mas aku ada rencana mo bukak,
knp di ranto prapat orang mas tidak bisa melayani.
Alasan ya ?

58

Karena sudah ada yang beli paket dari kami.
Untuk selanjutnya kami tidak akan menjawab pertanyaan anda di comment.
Kalau masih ada pertanyaan silahkan hubungi kami di 0818328248 atau kunjungi bengkel crom di kabupaten asahan.

59

mf om mau tny. klo paket 200 liter hrgany brapa…saya tnggl dikebumen kira2 udah ada yg mesen paketny paketny blom.

60

Harga paket sudah tercantum di website. Saat ini untuk paket 200 liter harganya 45 juta. Belum termasuk ongkos kirim.
Untuk wilayah kebumen masih belum ada yang pesan, jadi masih ada peluang untuk membeli paket kami.
Untuk penjelasan lebih lanjut silahkan hubungi kami di 081230811733 atau 0818328248.
Terima kasih.

61

ia makasih om

62

semangat sore pak.saya berminat untuk di jakarta timur khususnya di daerang cakung masih bisa tdk pak.trimz

63

kalaw saya mulai dengan yang 100 lt,mau peningkatan ke 800 lt,bagaimana dengan rectifier saya.trimz

64

Untuk wilayah jakarta utara untuk saat ini masih bisa. Silahkan hubungi kami di 081230811733 atau 0818328248. Trims

65

Di dalam bisnis crom, upgrade sebaiknya bertahap. Dari 100 liter menjadi 200 liter. Upgrade selanjutnya disesuaikan dengan market.
Bila kapasitas bak diperbesar memang rectifier harus diganti dg yg lebih besar, sedang rectifier yg lama bisa digunakan untuk jenis plating yg lain.
Seperti Nickel strike atau copper plating, sehingga anda bisa menerima jasa crom untuk bahan stainless steel atau zinc die casting.
Misalkan upgrade ke 800 liter pun, sebaiknya bak 100 atau 200 liter tetap dipertahankan untuk mengerjakan barang berukuran kecil.
Di proses nickel, barang berukuran kecil kurang efisien bila dikerjakan di bak besar, apalagi dikerjakan bersama-sama dg barang besar.
Bila bisnis crom berjalan lancar, omsetnya bagus dan stabil, biaya upgrade bisa diambil dari keuntungan usaha itu sendiri.
Senoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.

66

thanks METALINDO ABADI

67

Ass,pa sy pnya bgkel chrome kap.570 lt Dan sdh berjalan 2 tahun dg hsl yg tdk memuaskan,alat2 yg sdh sy pnya yaitu Trafo nickel 500A,filter,bak nickel Dan chrome 1*1*1,hnya tk chrome sy pakai aki 200A,sy ingin pindah tk bli bahan2 ke Metalindo tp agar tdk terlalu Besar biayanya sy tdk smua diganti,sy ingin bli Trafo chrome Dan brightener yg sy ganti,tp sy juga ingin ikut platihan agar sy pnya bekal cara crhom yg benar,brp biayanya pa?

68

Dari penjelasan Bapak, bisa dipastikan bahwa peralatan, obat, dan cara kerja yang digunakan di tempat Bapak adalah crom tradisional.
Sudah ada beberapa pelaku crom tradisional yang membeli bahan kimia dan trafo dari kami. Memang hasilnya lebih baik dari sebelumnya, tetapi masih jauh bila dibandingkan dengan yang membeli paket alat kami.
Dalam proses crom, yang dilihat bukan hanya kualitas hasilnya, tetapi juga efisiensi kerja dan biaya produksi.
Selain cara kerja, yang penting adalah cara mengatasi masalah di crom.
Dan kami hanya bisa membantu mengatasi masalah sekaligus mencari sumber masalah, bila kami tahu kondisi dari alat dan bahan kimia yang digunakan, begitu juga cara kerjanya. Itulah kenapa kami hanya menerima konsultasi dari pembeli paket alat kami. Umpama alatnya ada yang dirubah tanpa sepengetahuan kami, kamipun sulit untuk mencari sumber masalahnya.
Ada yang mengubah sambungan kabel saja, sudah menimbulkan masalah, dan hasilnya jadi tidak memuaskan.
Jadi silahkan bila mau membeli alat dan bahan dari kami, tetapi kami tidak bisa memberikan pelatihan atau membantu mengatasi masalah.
Kami hanya memberikan informasi yang umum saja.
Untuk jelasnya silahkan hubungi kami. Terima kasih.

69

sekarang bengkel krom saya meskipun hanya kapasitas 100liter, saya sudah dapat kepercayaan buat ngerjakan spare part sepeda motor, terlebih swing arm buat kapasitas bak 100 liter sangat lah sulit, tapi karena pelatihan yg di berikan say dpt menaklukkan kesulitan tersebut.
ada juga yg sudah di krom di bengkel krom besar di kota,dan di krom ulang di bengkel saya, alasan mereka karena warna dan daya rekat yang kuat,
sekali lagi thanks metalindo abadi,. semoga dalam waktu dekat saya bisa upgrade ke bak cairan yg lebih besar.
:D

70

Kami ikut bersyukur atas keberhasilan anda dalam menguasai cara kerja bengkel crom. Keberhasilan ini berkat kemauan dan ketekunan anda sendiri, dan seijin Tuhan YME. Sedang kami hanya sekedar membantu mengarahkan saja, agar cara kerja dan berpikir anda tetap mengikuti kaidah crom yang benar.
Tetap jaga kualitas dan pelayanan, kalau bisa ditingkatkan, agar pelanggan puas, dan kami akan tetap mensupport anda dari belakang.
Salam sukses.

71

bang aku mau bukak tepatnya di asahan…
mmg di asahan sudah ada, tp masi bepeluang bisa maju karna di asahan terlalu ramai dan cuma 1 tempat!
jd karna terlalu dsini jd yang ada di kec. simpang empat lama prosesnya.
saya di asahan tepatnya di bunut barat jarak antara saya dengan bengkel crome itu – 50 km>>

72

jadi kalau saya pesan cara mempelajarinya saya dapat dari mana?
saya mau pesen yg 200 Liter bang

73

Untuk pembelian paket wilayah sumatra utara sudah kami serahkan ke bengkel crom di asahan. Pelatihan juga dilakukan di asahan.
Karena untuk saat ini dari semua bengkel crom binaan kami, hanya bengkel crom di asahan yang kami percayai untuk bisa melatih.
Dia sudah membukakan bengkel crom di Medan, labuhan batu, kanopan, dan dari satu dari Riau karena memilih berlatih di sana.
Kami tahu betul bagaimana perjuangan bengkel crom di asahan dari mulai awal berdiri sekitar 4 tahun lalu, sampai berhasil seperti sekarang.
Jadi apabila anda ingin membuka bengkel crom di dekatnya, akan sulit untuk berkembang.
Karena kepercayaan pelanggan terhadap kualitas hasil crom merupakan faktor utama.
Sedang kualitas hasil crom sangat tergantung dari kemampuan pemiliknya, dan itu tidak bisa ditiru.
Itulah kenapa bisnis bengkel bila sukses, tidak akan mudah disaingi, makanya kami juga memberlakukan wilayah untuk pembelian paket.
Kami tahu ada beberapa orang di dekat asahan yang sudah membuka bengkel crom dengan membeli/belajar dari orang lain, dan mereka sulit menyainginya.
Jadi apabila anda ingin membeli paket bengkel crom kami, tidak bisa langsung ke kami, harus melalui bengkel crom di asahan.
Karena dia memahami wilayah di sumatra utara.
Terima kasih.

74

Bagaimana cara nya jika saya mau belajar teknik chrome dan mau usaha chrome di kota saya?

Mohon bimbinganya
Terimakasih

Ernest

75

Bagi orang awam sebaiknya belajar cara kerja crom, bukan teorinya. Untuk itu mereka harus memiliki alat crom yang tersetting dengan benar, karena tidak ada orang yang mau meminjamkan alat cromnya untuk belajar.
Oleh sebab itu kami hanya melatih dasar kerja crom untuk pembeli alat paket bengkel crom. Karena settingan dan cara kerjanya kami khususkan untuk modif motor. Silahkan anda baca penjelasan paket di website. Bila serius ingin buka bengkel crom silahkan hubungi kami. Asal di lokasi anda belum anda yang sudah membeli paket di kami.
Thanks

76
teguh duasatudua
June 11th, 2014 at 05:39

Untuk wilayah tangerang selatan apakah sudah ada yang membeli paket metalindoabadi?

77

Untuk saat ini masih belum ada.

Leave a Comment

Add to Technorati Favorites