Nov
06

Belajar Chrom Plastik

By

Artikel ini kami postingkan untuk mereka yang berminat belajar chrom plastik.

Chrom plastik sendiri merupakan bagian dari proses pelapisan benda yang tidak bisa menghantarkan listrik (non konduktor) dengan lapisan logam dengan bantuan listrik (electroplating).

Chrom plastik berbeda dengan vacum metalising dan cat chrom.

Vacum metalising dan cat chrom tidak menggunakan proses electroplating (chrom plating), melainkan proses pelapisan cat dengan hasil mirip chrom.

Vacum metalising memerlukan alat berupa ruangan vacum (vacuum chamber) untuk menghasilkan lapisan cat yang kilap. Harga alat tersebut mencapai ratusan juta rupiah tergantung besar (volume) ruangan dan merk produsennya. Biaya produksi vacum metalising lebih murah dari chrom plating. Barang-barang yang biasa di vacum metalising adalah : piala, tutup botol kosmetik, mainan anak-anak, sparepart motor (reflektor), gantungan tirai, aksesories furniture, dll. Umumnya untuk barang-barang yang digunakan dalam ruangan (indoor).

Cat chrom sendiri menggunakan teknologi nano partikel sebagai pigment (pewarna) untuk menghasilkan warna kilap seperti chrom. Teknologi ini masih sangat mahal, sehingga harga catnya juga sangat mahal.

Daya rekat dan ketahanan gesek dari vacum metalising dan cat chrom tidak sebaik chrom plastik.

Untuk vacum metalising dan cat chrom, kami tidak menjual alat atau bahannya.

Plastik atau bahan non konduktor lain (keramik, kayu, kaca, daun, dll) harus melalui proses pretreatment dulu sebelum bisa di electroplating.

Proses pretreatment ini bertujuan membuat permukaan bahan yang tadinya tidak bisa menghantarkan listrik menjadi bisa menghantarkan listrik (konduktor) agar bisa di electroplating.

Proses Pretreatment ini ada beberapa jenis, yaitu :

– Aktifasi menggunakan campuran Palladium dan Stannous (Khusus untuk bahan plastik ABS).

– Menggunakan conducting paint (untuk bahan Fiber dan kayu. Lebih ekonomis menggunakan vacum metalising).

– Menggunakan Silvering (untuk bahan kaca dan keramik).

Jenis Plating yang digunakan setelah pretreatment adalah :

– Electroless Nickel atau Copper

– Acid Copper Plating

Nickel Plating (semibright, full bright, microporous nickel)

Chrome Plating (Decorative)

Bagi orang awam yang ingin belajar chrom plastik, harus mempelajari dulu jenis-jenis plating di atas dan proses pretreatmentnya. Dibutuhkan waktu yang lama dan biaya yang cukup besar untuk mempelajarinya, apalagi bagi mereka yang tidak mempunyai latar belakang pendidikan kimia, karena pada tiap proses dibutuhkan analisa kimia untuk menjaga agar kondisi larutan kimia bisa stabil. Harus menyediakan laboratorium khusus untuk analisa bahan kimia yang digunakan.

Oleh sebab itu kami tidak menyediakan pelatihan atau paket chrom plastik.

Untuk orang awam kami hanya menyediakan pelatihan untuk pembeli paket bengkel chrom untuk bahan besi dan aluminium.

6 Comments

1

Untuk wilayah bangkalan sudah ada paket crom bpk?

2

Untuk wilayah bangkalan belum ada yang beli paket. Yang pernah beli paket di sumenep, hanya karena pengerjaannya diserahkan ke karyawan untuk belajar, dan market crom di sana sangat kecil, akhirnya tutup.
Menurut kami, market crom untuk wilayah madura masih terlalu kecil. Apalagi lokasi bangkalan sangat dekat surabaya, jadi mereka lebih memilih menjasakan crom di surabaya atau ke bengkel crom di bangil yang sudah berdiri lama dan sudah punya nama.
Terima kasih

3

Bagaimana untuk wilayah makassar, sy lihat belum ada jaringan METALINDO di makassar.. dan saat ini dimakassar baru ada 4 usaha krom dan semuanya otodidak..

4

Untuk wilayah makasar memang belum ada yang membeli alat paket chrom kami. Hanya beberapa bengkel chrom di makasar membeli bahan chrom di tempat kami. Semua pelaku bisnis chrom belajar secara otodidak, hanya bedanya kami mempunyai dasar pendidikan kimia, berhubungan dengan perusahaan asing dan dalam negeri yang memiliki alat plating, dan selalu berusaha mengikuti perkembangan di bidang elektroplating.
Terima kasih

5

om mau nanya, untuk chrome plastik di daerah bali ada yg tau?

6

Setahu kami di bali belum ada jasa chrom Plastik. Di Surabaya pun yang ada hanya jasa vacum metalizing yang dianggap chrom plastik, padahal vacum metalising tidak cocok untuk barang yang dipakai di luar ruangan (outdoor) seperti sparepart motor. Jasa crom plastik celup biasanya tidak melayani eceran, hanya melayani pabrik.

Leave a Comment

Add to Technorati Favorites