Dec
25

Chrom Plastik vs Vacum Metalising

By

Di kalangan modifikator otomotif, masih banyak yang belum memahami perbedaan antara Chrom Plastik yang asli dengan Vacum Metalising. Oleh sebab itu, kami mencoba membantu menjelaskan perbedaan dari kedua proses pelapisan tersebut.

Chrom Plastik merupakan proses pelapisan bahan Plastik yang biasanya berjenis ABS khusus (ada kemungkin juga dari jenis plastik lain) dengan lapisan logam dengan menggunakan metode electroplating. Sedang Vacum Metalising adalah proses pelapisan bahan plastik (bisa juga fiber, Aluminium, dll) dengan hasil lapisan mirip dengan chrom. Proses vacum metalising pada dasarnya proses pengecatan menggunakan bahan cat khusus yang dilanjutkan proses metalising dalam ruangan/alat khusus sehingga lapisan bisa mengkilap seperti chrom. Lapisan vacum metalising bisa juga diberi warna sesuai dengan keinginan, dan banyak yang salah mengartikannya dengan chrom warna.

Karena beda proses, maka kualitas Chrom Plastik dengan Vacum Metalising juga berbeda. Lapisan Chrom Plastik tahan gores sedang Vacum Metalising tidak. Lapisan Vacum Metalising bisa luntur bila terkena thinner sedang Chrom Plastik tidak. Warna Chrom Plastik putih kebiruan sedang vacum Metalising putih kepucatan.

Biaya produksi dari Chrom Plastik lebih mahal dari Vacum Metalising. Chrom Plastik tidak cocok untuk skala kecil atau bengkel chrom, hanya cocok untuk skala industri.

Chrom Plastik memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, sehingga tidak cocok untuk pemula. Dan juga tidak semua jenis Plastik bisa di Chrom. Jenis bahan yang paling baik adalah ABS yang tidak mengandung afalan. Untuk jenis bahan lain mungkin bisa, hanya daya rekatnya tidak sekuat ABS.

Vacum Metalising hanya bisa mengerjakan barang dengan ukuran yang bisa masuk ke mesin Vacum Plating. Vacum metalising sebaiknya tidak untuk barang yang sering terpegang, karena akan mudah aus/pudar.

15 Comments

1

Saya sepertinya berminat untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai cara mengchrom plastik, dll. dan juga besaran costnya apabila ingin membuka usaha chrom logam atau plastik (khususnya plastik). Karena didaerah saya yg ada hanya chrom logam, sdgkan chrom plastik belum ada.
Selain itu apabila peralatannya sangat mahal, apakah bisa untuk bermitra usaha dengan Anda.
Demikian, mohon penjelasannya Trims.

2

Maaf, saat ini kami hanya menjual alat dan bahannya saja.
Untuk chrom Plastik tidak cocok untuk skala home industri dan untuk pemula.
Terima kasih.

3

Saya sangat berminta sekali untuk membuka vacum plating, gmn caranya ? dan dibutuhkan dana berapa untuk sekala home industri. Trims

4

Untuk vacum plating atau lebih tepatnya vacum metalising tidak bisa dalam skala home industri, dan modal yang dibutuhkan mencapai ratusan juta rupiah tergantung dari kapasitas mesin vacum metalising.
Trims

5

pak untuk jasa pengekrumannya dimana??mohon alamat dan no yang bisa di hubungi

6

Hallo Mr support, saya ingin memiliki electric gitar dengan finishing chrome, seperti ini misalnya : http://www.facebook.com/photo.php?fbid=1731919132279&set=a.1165615375039.2026055.1067523976&type=3
body gitar dengan material kayu.apakah bisa dichrome? atau hrs dilapisi fiber dahulu kemudian dichrome? apakah bengkel VERCROOM di bantul bisa mngerjakannya? terimakasih saran dan bimbingannya.

7

Maaf kami masih belum bisa mengerjakan chrome untuk bahan kayu atau fiber, termasuk bengkel customer kami di bantul.
Terima kasih.

8

Klo harga 1 paket alat & bhan elektro plating brpa bos?trus untk mndpat kn dmna?

9

Paket alat elektroplating apa yang anda maksud? Kalau untuk chrom besi dan aluminium untuk modif motor silahkan lihat di sini.
Sedang untuk chrom plastik celup kami tidak menyediakan paket. Karena tidak cocok untuk skala kecil. Modalnya saja lebih dari 1 miliar, dan harus ahli kimia.
Kalau cat semprot yang kilap seperti chrom, harga alat semprotnya saja sekitar 200 juta, dan bahan kimianya sangat mahal. Hasil kilapnya pun kurang bagus.
Untuk mesin vacum metalising yang kualitas bagus harganya sekitar 1,5 miliar dan butuh listrik puluhan ribu watt.

10

bos sya mw tanya klo mw melunturkan chrome dr plastik gmn?
trimakasih

11

Crom plastik dengan sistem celup bisa dihilangkan dengan menggunakan asam nitrat, hanya harus hati2x dalam penggunaannya. Akan timbul gas NO2 yang berbahaya, jadi sebaiknya menggunakan masker, sarung tangan karet dan kaca mata untuk pengaman.
Untuk crom plastik sistem vacum dan cat crom bisa menggunakan paint remover atau kertas gosok untuk menghilangkan. Resikonya permukaan plastik ada yang ikut terkupas.
Terima kasih

12

pak saya ada product yang mau di plating plastik Qty 1000pcs area saya bekasi bisa bantu saya tidak pak thanks

13

Kami hanya menerima crom plastik sistem celup. Bahan plastik dari jenis ABS electroplating grade dengan kondisi hasil cetakan yang halus dan baru keluar dari cetakan, karena akan mempengaruhi hasil kualitas crom. Untuk jenis plastik yang lain sebaiknya anda cari jasa vacuum metalising di dekat lokasi anda.
Penjelasan lebih lanjut silahkan hubungi kami di 081230811733.
Thanks

14

bahan bahan untuk krom plastik apa saja? mohon bantuannya untuk di bagi pengetahuannya

15

Crom plastik sistem celup tidak bisa dipelajari oleh orang awam dan tidak cocok untuk skala home industri.
Karena bahan kimia aktivator untuk crom celup sangat mahal, sekitar 5 juta/liter dan minimal belinya 1 gallon, dan bila sudah dilarutkan akan rusak sendiri (degradasi) meskipun tidak digunakan.
Begitu juga untuk bahan kimia electroless nickelnya akan berubah sendiri meskipun tidak dipakai, dan harus menyediakan laboratorium dan teknisinya untuk mengontrol kadar kimia di dalamnya.
Sedang proses elektroplating yang digunakan untuk crom plastik adalah acid copper plating, semi bright nickel plating, full bright nickel plating, microporous nickel (optional), dan decorative crom plating.
Untuk memahami cara kerja dan bisa mengatasi masalah untuk 1 proses plating saja butuh tahunan, tidak cukup hanya tahu bahan dan alat saja.
Semoga informasi ini bermanfaat.
Trims

Leave a Comment

Add to Technorati Favorites