Apr
28

Copper Plating

By

Copper Plating

copper-platingCopper Plating termasuk proses plating yang penggunaannya cukup luas. Untuk penggunaan yang konvensional copper plating digunakan sebelum proses nickel plating. Terutama untuk barang dari proses zinc die casting dan aluminium. Dalam perkembangannya, copper plating banyak digunakan dalam proses pembuatan PCB (Printed Circuit Board) dari peralatan elektronik. Copper Plating juga digunakan untuk melapisi permukaan bawah dari panci atau penggorengan yang terbuat dari stainless steel dengan tujuan mempercepat dan meratakan panas dari api kompor.


Jenis-jenis Copper Plating


Dari jenis bahan kimia yang digunakan, copper plating dibedakan menjadi :

cyanide copper plating

acid copper plating

Copper Pyrophosphate

Cyanide copper plating dibagi lagi menjadi tiga, yaitu :

Copper Strike

Rochelle Copper Plating

High efficiency Copper Plating

Berhubung cyanide merupakan bahan yang sangat berbahaya bagi kesehatan, maka penggunaannya makin menurun, dan dialihkan ke acid copper atau copper pyrophosphate.


Aplikasi Copper Plating


Untuk bahan dari besi dan zinc, proses acid copper dan copper pyrophosphate tidak dapat langsung diterapkan, tapi harus didahului dengan proses cyanide copper.

Plating on Aluminium yang menggunakan proses zincate, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, harus melalui proses copper strike.

Copper strike dan acid copper plating dapat digunakan sebelum proses nickel untuk bahan terbuat dari kawat besi atau plat besi. Agar pemakaian nickel lebih hemat dan membantu menutup serat atau lubang kecil dipermukaan barang. Sedang untuk barang yang terbuat dari pipa sebaiknya tidak menggunakan copper plating, karena cairan nickel akan mudah terkontaminasi dengan tembaga.

Penggunaan copper strike atau cyanide copper untuk chrom besi tidak akan bermanfaat bila tidak sertai dengan acid copper atau copper pyrophosphat, karena hanya akan menambah biaya produksi dari jasa chrom.

Copper Plating untuk panci dari stainless steel, agar tidak mudah terbentuk bintik-bintik merah (Tarnish), maka setelah proses plating harus dilanjutkan ke proses anti tarnish. Proses anti tarnish ada 2, yaitu system celup (dipping) dan menggunakan arus listrik.

Copper plating juga ada yang dalam bentuk alloy, seperti brass plating, bronze plating, dan tin copper plating.

Electroless copper plating digunakan dalam proses plating di plastic ABS, sebelum proses electroless nickel.

Categories : Artikel, Copper Plating

5 Comments

2

[…] sebagai media perekat, untuk mendapatkan lapisan konduktor yang kemudian bisa dilakukan proses acid copper plating, bright nickel plating, dan chrom […]

3

bapak/Ibu.
Kami sebuah perusahaan yang bergerak di jasa penguliran pipa minyak/gas, oleh karena itu kami sering mengulir material jenis chrom yang ukurannya mulai dari 2-3/8″-13-3/8″ dan karena menurut spect material tersebut harus di copper plating bagian dalam. oleh sebab itu kami kesulitan untuk order chemical,yang menjadi pertanyaan apakah perusahaan bapak/ibu bisa mensupport kami dalam penyediaan chemical.perusahaan kami berada di p.batam.

4

[…] atau tin immersion. Dan proses zincate lebih banyak digunakan, karena bisa langsung dilapisi copper plating atau nickel plating. Sedang untuk Tin immersion harus melalui proses bronze […]

5

mungkin kalo saya punya modal,METALINDO harapan saya.Tekad buat bisa berkembang sngat besar,teknologi & robosan baru yg di tawarkan sangat produktif,saya punya sedikit pengalaman di bidang chrome & smpi sekrang saya msh bekrja electro plating cabang cirebon,melihat pertama kali situs ini saya senang sekali,sangat membantu untuk pengetahuan saya pribadi,segala kebutuhan yang ada di sini itu beli langsung dri jakarta,kalo tidak keberatan MAIN kecirebon coba tawarin produc anda di sini,kami disini belum ada chrome warna padahal peminat chrome warna bisa di bilang sangt banyak,alamat kami JL.SUKALILA UTARA NO.14-15 CIREBON…apabila ada kata2 saya yg salah,saya mohon maaf..HIDUP PLATING INDINESIA.

Leave a Comment

Add to Technorati Favorites