Nov
12

Efek Temperatur pada proses Nickel Plating

By

Temperatur dalam proses Nickel Plating sangat mempengaruhi kualitas dan biaya produksi dari proses Nickel Plating.

Efek makin tinggi Temperatur pada proses Nickel Plating :

  1. Lapisan nickel makin lunak (ductile)
  2. Levelling makin baik.
  3. Brightener dapat bekerja lebih baik (max 60oC)
  4. Boric acid makin mudah larut, sehingga lapisan Nickel tidak mudah terbakar (burning)
  5. Reaksi pelapisan berlangsung lebih cepat dan effisien (dengan Volt yang tetap, Amperenya naik)
  6. Dapat digunakan Volt yang lebih tinggi (5 – 7 Volt untuk Rack dan 10 – 12 Volt untuk barrel)

Temperatur yang dianjurkan untuk saat ini adalah 55oC. Karena pada temperature tersebut  didapatkan kualitas dan efisiensi proses yang paling optimal.

Temperatur di atas 60oC, proses Plating menjadi kurang efisien, karena proses penguapan dari cairan nickel dan aditifnya berlangsung lebih cepat, sehingga penggunaan brightener nickel menjadi lebih boros. Dan juga menyulitkan pekerja untuk yang system manual.

Temperatur di bawah 40oC dapat menyebabkan boric acid mengendap, sehingga kadar boric berkurang dan dapat menyebabkan lapisan nickel menjadi terbakar pada Volt yang tinggi. Leveling akan berkurang dan brightener tidak bisa bekerja optimal, sehingga proses plating menjadi lebih lama dan Nickel yang menempel makin tebal (biaya produksi menjadi lebih mahal). Lapisan menjadi keras dan mudah pecah apabila terkena benturan.

Dengan makin tingginya biaya listrik dan gaji karyawan, maka dibutuhkan proses kerja yang lebih cepat dan efisien. Apalagi ditengah persaingan usaha yang begitu ketat, makin baik kualitas, makin cepat system kerja, dan makin efisien biaya kerja, maka makin kompetitif usaha kita

4 Comments

1

Apa menerimah kursus di surabaya dn berapa biaya yang di keluarkan,peralatan croom dan bahannya.

2

Sementara ini kami hanya menerima pelatihan untuk mereka yang membeli paket dari kami. Karena kami sungguh-sungguh melatih mereka yang serius ingin bekerja di bidang bengkel chrom, bukan hanya coba-coba.
Terima kasih.

3

saya punya bengkel chrome
pengen tanya…kenapa setiap selese ….barang yang di hasilkan bergaris hitam dan mudah mengelupas….apa sebabnya
mohon bantuannya…

4

Hal ini bisa disebabkan dari kontaminasi di cairan (untuk pastinya diperiksa di Laboratorium), cara kerja yang salah, atau setingan pengaturan alat tidak tepat.
Hal ini sering dialami para pelaku bengkel chrom, baik pemula atau yang sudah lama menjalaninya. Untuk perbaikkannya harus menyeluruh, kalau tidak problem tersebut bisa muncul lagi. Kami sulit membantu, karena kami tidak tahu setingan dan cara kerjanya mulai awal.
Kami mohon maaf….

Leave a Comment

Add to Technorati Favorites