Sep
21

Kenaikan Harga Paket Bengkel Chrom

By

Harga paket bengkel chrom kami tidak pernah berubah sejak 1 Desember 2014, jadi hampir 3 tahun.

Sebenarnya kami berusaha tidak menaikkan harga sampai akhir tahun 2017, tetapi berhubung karena ada kenaikan alat dan bahan yang disebabkan karena pengetatan impor, jadi terpaksa kami menyesuaikan harga paket bengkel chrom kami per tanggal 1 Oktober 2017.

Paket bengkel chrom 100 liter semula Rp. 32.000.000,- menjadi Rp. 35,000.000,-

Paket bengkel chrom 200 liter semula Rp. 48.000.000,- menjadi Rp. 52.000.000,-

Bisnis bengkel chrom sebenarnya bisnis yang tidak mudah dan marketnya terbatas.

 

Di bawah ini kami berikan tips awal sebelum memutuskan berbisnis di bengkel chrom untuk modif motor.

Untuk awal sebaiknya survey dulu market di lokasi anda ingin membuka usaha. Sebaiknya cari lokasi yang banyak anggota club motor dan akses pengiriman barangnya mudah dijangkau dari wilayah  lain.

Karena untuk bisa eksis, minimal 10 motor yang dikerjakan perbulan. Jadi minimal 120 motor pertahun.

Jadi bukan karena alasan di lokasi tersebut belum ada bengkel chrom.

 

Kalau anda bengkel modif motor dan market chrom di wilayah anda tidak banyak, sebaiknya bekerjasamalah dengan bengkel chrom terdekat yang kualitasnya bagus, daripada membuka usaha chrom sendiri.

Sebaiknya memang bengkel modif motor terpisah dengan bengkel chrom, karena bengkel chrom yang tidak fokus akan sulit berkembang, begitu juga sebaliknya. Dan bengkel chrom yang bagus pasti bekerjasama dengan beberapa bengkel modif motor.

 

Banyak yang keliru menganggap proses chrom itu mudah, karena mereka mungkin hanya melihat cara kerjanya saja. Padahal yang paling sulit di chrom itu adalah bagaimana menganalisa dan mendiagnosa masalah yang muncul dan sekaligus cara mengatasinya. Sedang ilmu chrom sendiri merupakan gabungan ilmu kimia dan listrik.

Jadi kalau yang tidak suka matematika dan IPA waktu sekolah dulu, pasti kesulitan dalam belajar chrom.

Sedang untuk bisnisnya sendiri dibutuhkan ilmu marketing dan managemen keuangan.

Kalau anda baru mau terjun dalam bisnis, sebaiknya siapkan diri anda untuk mempelajari itu semua, dan jangan mengharapkan bantuan dari orang lain.

Kalau anda mantan karyawan ingin memulai bisnis sendiri, sebaiknya hilangkan kebiasaan menunggu instruksi dan perintah atasan, rubah menjadi punya inisiatif dan berani mengambil keputusan. Jangan mengharapkan penghasilan rutin (gaji) perbulan, tetapi tetap hemat dan menabung waktu bisnis ramai, dan bisa menggunakan tabungan itu waktu bisnis sepi atau saat ada pengeluaran tak terduga.

Add to Technorati Favorites