Mar
18

Nickel Plating

By

Nickel Plating

nickel-platingProses Nickel Plating awalnya digunakan sebagai pelapis tahan karat dari besi. Dalam perkembangannya Nickel Plating juga berfungsi sebagai pelapis dekoratif dari beberapa logam lain seperti Aluminium, Zinc, atau Stainlesstail.

Jenis proses Nickel Plating ada 2 macam, yaitu Bright Nickel Plating dan Semi Bright Nickel Plating. Untuk proses yang menggunakan keduanya, yaitu untuk lapisan pertama menggunakan Semi Bright kemudian baru Bright disebut Proses Duplex Nickel Plating. Proses ini mempunyai daya tahan karat lebih kuat dari pada hanya satu proses Nickel Plating saja.

Untuk meningkatkan ketahanan karatnya, nickel plating biasanya dilapisi lagi dengan Chrom Plating. Dan jenis proses yang digunakan disebut Decorative Chrom Plating. Decorative Chrom Plating juga membuat warna lapisan terlihat lebih putih, karena warna lapisan Nickel berwarna putih kekuningan, sedang lapisan Chrom berwarna kebiruan.

Dari Bahan yang digunakan proses Nickel Plating dibagi menjadi :

Watts Nickel Plating

High Chloride Nickel Plating

Sulfamat Nickel Plating (Lebih Ductile/fleksiible)

Diantara ketiganya yang umum digunakan adalah Watts Nickel Plating, Karena penanganannya lebih mudah.

Untuk Watts Nickel Plating bahan-bahan kimia yang digunakan dalam proses Nickel Plating beserta jumlah pemakaiannya :

Nickel Sulphate (280 – 330 gr/lt)

Nickel Chloride (50 – 60 gr/lt)

Boric Acid (40 – 45 gr/lt)

Wetting agent (0,2 cc/lt)

Aditif Brightener (0,4 – 1 cc/lt)


Kondisi operasi proses :

– pH (4 – 4,5)

– Volt (6 volt untuk Rack, 12 Volt untuk Barrel)

– Temperatur (55 – 60 derajat Celcius), pemanasan memakai electric glass heater

– Butuh pengadukan menggunakan blower

Nickel anode harus dibungkus dengan kain filter

– Dibutuhkan penyaringan secara berkala

– Perbandingan luas permukaan anode dengan barang (2 : 1)

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, standart diatas harus diusahakan terpenuhi. Dan yang sangat perlu diperhatikan adalah masalah aliran listrik yang digunakan. Arus DC yang digunakan harus mempunyai kualitas sebagus mungkin dengan media penghantar arus yang memadai.


Tebal lapisan Nickel Plating umumnya sekitar 20 micron.


Apabila ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut hubungi team support kami. Dengan senang hati team support kami akan berusaha membantu anda.


Categories : Artikel, Nickel Plating

123 Comments

1

Proses nickel yang tidak kilap bisa disebabkan dari kondisi larutan nickel bermasalah atau cara kerja dan alat yang digunakan tidak memenuhi standard. Untuk tahu kondisi larutan nickel harus diperiksa di laboratorium. Anda bisa tanya ke suplier bahan kimia dimana anda beli. Kalau alat yang tidak standard dan cara kerja yang salah, anda harus mengganti atau memperbaikinya. Itulah kenapa kami hanya melatih dan membimbing pembeli paket. Karena untuk memperbaiki chrom yang bermasalah, harus tahu kondisi cairan, alat, dan cara kerjanya.
Terima kasih.

2

selamat pagi pa? Gmn dengan proses zinc nikel yach. Apa aja yg harus kita cek yah? Berapa, onsentrasi zinc dan nikelnya?? Bagaimana kondisi prosesnya??Terima kasih

3

Proses zinc-nickel plating lebih rumit daripada proses zinc plating atau nickel plating saja. Dibutuhkan laboratorium untuk menganalisa kadar larutan secara rutin, agar komposisi lapisan plating tetap. Jenis bahan kimia dan konsentrasinya tergantung dari suplier aditif (brightener) dari proses zinc-nickel plating. Proses kerja dan hasilnya mirip dengan zinc plating, hanya beda di ketahanan karatnya.
Proses ini tidak begitu populer di indonesia, oleh sebab itu suplier kimia plating jarang yang mau menyediakan bahannya, termasuk kami.
Terima kasih.

4

malam pak…kelebihan dan kekurangan nikelkrom plating dibandingkan plating yang lain apa ya pak ? makasi

5

Proses nickel chrom plating bertujuan untuk mencegah terjadinya karat pada bahan besi dan sekaligus untuk mempercantik penampilan. Setiap proses plating memiliki karakterisik hasil lapisan masing-masing. Beda jenis larutan, kondisi kerja, aditif, dan kualitas alat juga mempengaruhi sifat dari lapisan hasil plating.
Misal : untuk proses watts nickel lapisannnya lebih lentur (ductile) dari high chloride nickel, begitu juga semibright nickel lebih lentur dan tahan korosi dibanding bright nickel.
Untuk memahami hal tersebut, anda harus paham istilah kimia dan istilah di plating, dan memiliki buku-buku plating (impor) yang harganya tidak murah dan sulit di dapat.
Terima kasih.

6

salam hangat pak. mau tanya pak larutan nickel yg di sertai bahan kimia sperti: M902,NPA,NLC dan ZD-230 apa akan berpengaruh ke hasil kualitas platingannya pak.thanks

7

Mau tanya ni pak, knp ya kalo hasil lapisan krom separuh warnax kuning dbagian bawah (jk udah kring ada warna sprti plangi) n separuhx lg hasilx putih kebiruan dbagian atas. Mhon penjelasnx ya pak. Trima kasih

8

Setiap aditif kimia yang digunakan dalam proses nickel pasti mempengaruhi kualitas dari hasil plating.
Brightener ZD-230 termasuk jenis bightener high chloride, bukan watts nickel seperti yang umum digunakan.
Selama ini kami menggunakan brightener jenis watts nickel, jadi kami tidak bisa membantu menjelaskan.
Terima kasih.

9

Berdasarkan penjelasan anda, kami bisa melihat bahwa :
1. setingan alat untuk chrom tidak pas (anoda, trafo atau aki)
2. komposisi cairan chrom dan katalisnya tidak sesuai. Untuk mengetahui pastinya harus ditest dilaboratorium.
Jadi sebaiknya anda konsultasikan ke suplier dimana anda membeli.
Terima kasih.

10
tierza saraswati w
March 27th, 2013 at 07:59

bagaimana cara membeli nikel?
apa saja prosedurnya?

11

Maaf. Pembelian nickel minimal 1 batang dg berat sekitar 12 kg dg harga sekitar 4 jutaan. Kami tidak melayani potongan kecil 1 kg.
Caranya anda transfer sesuai harga + ongkos kirim, baru kami kirim barangnya. Hanya saat ini stok nickel sedang kosong.
Berikutnya untuk pemesanan bisa menghubungi 0818328248.
Terima kasih.

12

Gan, kenapa hasil nikel plating warnanya agak kuning?

13

Memang hasil pelapisan nickel berwarna putih kekuningan (putih tulang). Warna birunya berasal dari crom.
Tetapi kalau terlalu kuning berarti ada masalah di campuran atau kualitas brightener kurang bagus.
Hal ini mestinya dikonsultasikan ke tempat dimana anda membeli alat dan bahan kimia.
Kalau bertanya ke kami, kami tidak akan bisa membantu, karena kami tidak mengetahui kondisi alat dan bahan yang anda gunakan.
Begitu juga cara kerja anda.
Kalau pembeli paket bengkel crom dari kami, pasti kami bisa memberikan solusi, karena kami tahu kondisi alat, bahan, dan cara kerjanya.

14
karya mandiri chrom
April 24th, 2014 at 07:50

Salam kenal…
Pak mau tanya, knapa lapisan chrom waktu di las banyak yg pecah ya pak.
Sma tanya harga brigtiner brp ya pak..
Tq…

15

Pak, pelapisan crom adalah proses finishing (terakhir), jadi dilakukan setelah pengelasan. Jangan dibalik.
Ketahanan lapisan nickel-crom maksimal sekitar 250 derajat celcius, kalau dilas pasti mengelupas.
Kalau masalah harga bahan kimia silahkan hubungi kami.
Terima kasih.

16

Salam kenal ..
mau konsultasi dan pencerahan..
saya pemula pengerjaan pelapisan aloy yg biasa dipakai untuk ikatan batu akik..saya dapat alat dan bahan dari binaan bapak yg ada di cikalong wetan jawa barat..yg ingin saya konsultasikan adalah cara pengerjaan yg baik dan benar dari mulai poles,ultrasonik cleaner,cairan aktivasi,pelapisan nikel dlm bak 5 liter(cairan warna hijau)yg menggunakan blower didalamnya,sampai masuk cairan chrome(warna coklat pekat)..dan ingin menanyakan bahan kimia apa saja yg ada disitu..
karena dari binaan bapak tsb tidak terperinci dan mendetail krn begitu cepat arahan yg disampaikan..sehingga sekarang hasil tidak maksimal..tidak tebal,kurang mengkilap dan mudah luntur juga..mohon pencerahannya pak..terima kasih..
email : dodi.arfiyan@gmail.com

17

Kami tidak pernah merekomendasikan untuk beli alat chrom di bengkel binaan kami, kecuali bengkel chrom di asahan sumatra utara dan terbatas hanya untuk wilayah sumatra utara, sedang binaan yang lain kemampuannya belum cukup untuk melatih. Dan kami tidak akan pernah menjual alat dan bahan nickel plating untuk perhiasan, karena bisa mengiritasi dan menyebabkan alergi pada kulit pemakainya.
Itulah kenapa kami hanya menjual untuk paket bengkel crom dengan kapasitas minimal 100 liter, yang digunakan untuk melayani modif motor, bukan untuk perhiasan. Jadi alat yang anda beli pasti bukan dari kami.
Maaf, kami tidak bisa membantu.
Terima kasih.

18

selamat pagi pak. saya mau tanya disni bisa pesan larutan elektroplating untuk pelapisan nikel ngga ?

19

Kami menjual larutan nickel minimal 100 liter, dan kami tidak melayani bila digunakan untuk pelapisan perhiasan.
Terima kasih.

20

Mau tanya pak;
Bahan apa saja yang dibutuhkan untuk brass plating dan dold plating,komposisinya berapa gr/liter??

Terimah kasih pak

21

Kami tidak menjual bahan untuk pelapisan perhiasan seperti gold plating, jadi kami tidak tahu.
Terima kasih

22

Maaf pak saya mau tanya. Saya kan bekerja di salah satu perusahaan plating sebagai analist. Saya itu sulit dalam menganalisa NG flex dan zara. Itu biasanya muncul dr mana dan penanganannya seperti apa? Terima kasih

23

Kalau yang anda maksud NG Flex adalah bercak putih yang muncul sejak awal plating itu karena cucian atau bilasannya kurang bersih.
Kami tidak tahu apa yang anda maksud dengan Zara. Kalau yang dimaksud kasar, berarti kondisi cairan nickel kotor.
Problem anda kemungkinan disebabkan standard prosedur kerja tidak tepat atau tidak dipatuhi.
Analisa di laboratorium hanya untuk mengetahui kondisi larutan dan bagaimana memperbaiki larutan. Untuk mencegah masalah jangan muncul lagi, harus dicari sumber masalah di lapangan dan diperbaiki. Kadang penyebab masalah bisa kompleks atau akumulasi dari beberapa sumber.

Leave a Comment

Add to Technorati Favorites