May
16

Penanganan Limbah Chrome Plating

By

Limbah yang dihasilkan pada proses chrom berasal dari tetesan cairan (drag out) pada saat peralihan proses dan proses pembilasan. Limbah ini mengandung chromic acid yang sangat berbahaya bila langsung dibuang ke saluran pembuangan. Chromic acid terdiri dari ion chrom bervalensi enam (hexavalent chrom), yang sangat mudah larut dalam air. Sehingga sulit dipisahkan dari air.

Proses penanganan limbah chrom

Untuk menanganinya, chromic acid harus dirubah menjadi ion chrom bervalensi tiga (trivalent chrom), yang tidak mudah larut dalam air.

Untuk mereduksi chromic acid digunakan sodium metabisulfite. Chromic acid (Cr 6+) yang tadinya berwarna kuning akan berubah menjadi warna hijau (Cr 3+) dan dengan diberi soda api (Na OH) akan terbentuk chrome hidroksida yang tidak larut dalam air, sehingga dapat mudah dipisahkan dengan air.

Untuk mempercepat pemisahan digunakan larutan tawas sebagai koagulant.

Untuk menambah waktu pengendapan dibutuhkan bak pengendapan dengan design seperti pada gambar di bawah ini.

Demi kelestarian lingkungan hidup kita dan juga untuk anak cucu kita nantinya. Sebaiknya limbah chrom diproses dengan benar. Buat bak untuk instalasi limbah sesuai dengan kapasitas limbah chrom dan proses limbah tersebut dengan benar.

Untuk mengurangi jumlah limbah sebaiknya dibuatkan sistem pembilasan yang baik, sehingga jumlah bahan kimia yang dibutuhkan untuk pengolahan limbah juga ikut berkurang.

Harga bahan kimia untuk limbah seperti sodium metabisulfite, soda api, dan tawas, tidaklah mahal. Sehingga biaya proses jauh lebih kecil dibandingkan dengan biaya kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh limbah yang tidak diolah.

Join the forum discussion on this post - (3) Posts

11 Comments

1

pengolahan limbah krom plating paling bagus pake metode elektrokoagulasi…
ga perlu tambahan bahan kimia hanya perlu rectifier plat stainless n alumunium..
efektif menurunkan kandungan lgam berat seeperti Fe, Cr , Ni, Cu, zN.
selain itu tidak butuh lahan yang luas…cukup 2×2 meter..
ditambah instalasi aquademineralizer…
utlet limbah bisa dipakai untuk prses plating lagi…
trims

2

sludge yang timbul dari proses platting, juga belum aman bila dibuang ke lingkungan begitu saja karena termasuk kategori Limbah B3,sludge tersebut harus dibuang ke pengolah LB3 dan hal tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu kami menyarankan kepada para peminat yang ingin berbisnis jasa plating untuk menjaga agar limbah sludge yang ditimbulkan diolah dan dibuang ketempat yang tepat dan telah memiliki ijin pengolahan limbah sludge B3 dari Lingkungan Hidup.
Menjawab masalah tersebut telah hadir PT Pasadena Metric Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan manufacture yang bergerak dibidang pemanfaatan LB3 yang memanfaatkan sisa proses plating berupa sludge yang masih mengandung logam Ni dan Cu (bersifat ekonomis) Lebih jelasnya klik http://www.pasadenametric.com

3

Ditempat saya ada usaha krom tp klo malam hari selalu keluar asap dari proses krom tsb apakah asap hasil reaksi krom itu berbahaya karena banyak tetangga jd sesak nafas entah disuap berapa pejabat setempat tidak ada yg bertindak

4

Proses chrom tidak menghasilkan asap, hanya percikan air yang bisa diminimalkan dengan bahan minimist.
Oleh karena itu kami tidak yakin kalau usaha di tempat anda itu usaha chrom. Sebaiknya anda datangi dan bicarakan baik2x dengan perusahaan tersebut tentang keluhan anda, daripada menuduh yang tidak2x.
Kami pernah punya bengkel chrom, dan tidak pernah ada keluhan sama sekali dari tetangga sekitar.
Bahkan tetangga kami tersebut mendukung usaha kami, karena perusahaan kami memperkerjakan dan mendidik pemuda di sekitar tempat usaha kami, yang sebelumnya banyak yang menganggur.
Bengkel chrom kami tutup, karena jalanan menjadi macet terkena imbas lumpur lapindo. Perjalanan ke tempat kerja bisa 2 – 3 jam.

5

penanganan limbah secara akurat sangat menguntungkan baik lingkungan maupun kesejahteraan masyarakat

6

Kami setuju dengan pendapat anda.
Terima kasih.

7

selamat malam pak ,saya mau tanya tentang limbah elektro plating? Untuk,sya mau buat tempat pengolahaan air limbah cuma ada 1 kendala ,dekat permukiman warga terus untuk pembuangan nya juga mengikuti got pemukiman warga .? Terimakasih dirunggu balasanya…..!

8

Untuk menangani limbah elektroplating harus tahu jenis elektroplatingnya atau bahan kimia apa saja yang ada dalam limbah.
Contoh pengolahan libah nickel dan chrom plating :
Untuk limbah dari bilasan chrom bisa digabung dengan limbah bilasan dari HCL kemudian diberi sodium metabisulfite, baru dimasukkan ke bak pengendapan I.
Untuk limbah dari bilasan nickel bisa digabung dengan limbah bilasan dari alkaline atau soak cleaner, baru dimasukkan ke bak pengendapan II.
Air dari bak pengendapan I digabung dengan air dari bak pengendapan II, ditest pH nya, kemudian diatur sampai pH nya menjadi 7 baru di buang ke saluran pembuangan.
Banyak orang yang memiliki usaha chrom tidak tahu atau tidak mau mengolah limbahnya, sehingga menimbulkan kesan bahwa limbah usaha chrom berbahaya. Padahal biaya untuk pengolahannya tidak mahal, apalagi proses bilasannya juga dioptimalkan.
Untuk pengolahan limbah cyanide digunakan sodium hypochlorite untuk menetralkan cyanide.
Sebaiknya anda konsultasikan ke tehnical support dari suplier bahan kimia elektroplating dimana anda beli, karena suplier bahan kimia elektroplating harus memiliki pengetahuan analisa kimia dan pengolahan limbahnya.
Terima kasih

9

Industri pembuatan raket tidak menggunakan proses chrom, melainkan proses anodising.
Pada proses anodising terdapat proses pengkilapan bahan aluminium yang bisa menimbulkan gas, dan di proses anodising sendiri juga bisa menimbulkan bau bila tidak diberi bahan pencegah bau (antimist).
Untuk gas yang dihasilkan mestinya bisa dinetralkan dengan cerobong yang dispray dengan cairan soda api encer.
Jadi jangan samakan proses anodising dengan chrom.
Terima kasih.

10

Kalau untuk pengolahan limbah zinc plating,cara untuk menurun kan nilai metal yang terlarut (fe,zn, dan cr) sebaik nya bagaimana ya? Pada ph berapa optimumnya untuk mengendapkan metal tersebut

11

Penanganan limbah dari zinc plating tergantung dari jenis plating yang digunakan. alkali non cyanide Zinc dan acid potassium based Zinc Plating lebih ramah lingkungan dan mudah penanganannya dibanding acid ammonium based Zinc dan cyanide Zinc Plating.
Untuk penanganan limbah electroplating terbaru yang lebih efektif menggunakan metoda electrocoagulant.
Silahkan anda pelajari sendiri dan mencobanya.
Terima kasih

Leave a Comment

Add to Technorati Favorites