Sep
03

Prinsip Dasar Electroplating 1

By

Kami memberikan Prinsip Dasar Electroplating untuk mereka yang belum tahu sama sekali tentang chrom.

Prinsip dasar Electroplating adalah melapisi permukaan benda kerja dengan logam jenis lain untuk memperbaiki kualitas permukaan dari benda kerja tersebut. Proses pelapisan tersebut bisa berlangsung dengan bantuan arus listrik DC dengan media larutan elektrolit (larutan penghantar).

1. Bak Plating.

2. Anoda (+).

3. Katoda / benda kerja (-).

4. Lapisan logam yang terbentuk.

5. Larutan Elektrolit.

6. Rectifier (Sumber arus DC).

7. Voltmeter.

8. Amperemeter.

9. Tembaga untuk penghantar listrik.

1. Bak Plating

Bak Plating harus terbuat dari bahan yang tahan dengan larutan elektrolit yang digunakan. Umumnya terbuat dari PVC atau PP. Untuk ukuran yang besar bisa menggunakan besi atau semen yang dilapisi PVC atau PP. Ukuran bak menentukan ukuran dan jumlah barang yang bisa diproses.

2. Anoda

Anoda dihubungkan dengan kutub positip dari rectifier.

Anoda biasanya terbuat dari logam yang akan dilapiskan. Dengan adanya arus listrik anoda tersebut bisa larut ke dalam larutan elektrolit . Dalam waktu bersamaan ion logam dalam larutan yang dekat dengan benda kerja, berubah menjadi logam dan melapisi benda kerja. Contohnya anoda Nickel, Copper, Zinc, Tin,  dan Brass.

Ada juga anoda yang tidak bisa larut. Jadi untuk menggantikan ion logamnya harus ditambahkan bahan kimia ke dalam larutan elektrolit, seperti anoda chrom, carbon, Platinize Titanium, dan Stainless Steel.

3. Katoda

Katoda atau benda kerja dihubungkan dengan kutub negatip dari rectifier. Permukaan benda kerja yang dekat dengan anoda akan lebih mudah terlapisi dibandingkan dengan yang lebih jauh atau terhalang.

Dengan mengatur posisi benda kerja terhadap anoda akan membantu meratakan lapisan dan mempercepat proses plating.

4. Lapisan logam

Lapisan logam yang terbentuk mempunyai karakteristik yang khusus. Tergantung dari  kadar kandungan bahan kimia dalam elektrolit, kondisi  proses, dan kualitas arus listrik. Diperlukan pengetahuan yang lebih dalam tentang elektroplating untuk bisa menghasilkan lapisan logam dengan karakteristik yang sesuai dengan kebutuhan.

Lapisan logam ini dalam satuan micron, dan bisa diukur dengan menggunakan thickness meter.

5. Larutan Elektrolit

Larutan elektrolit berfungsi sebagai penghantar listrik dan media pelarutan dari ion logam. Larutan elektrolit ini biasanya terdiri garam yang mengandung ion logam, buffer (pengatur pH), dan aditif (Surfactant, Brightener dan Katalis). Volume larutan elektrolit yang menyusut karena penguapan bisa dikembalikan lagi ke volume semula dengan menambahkan air bilasan dari proses plating tersebut. Untuk mempertahankan kadar dari larutan elektrolit, bisa dilakukan test secara berkala, dan menambahkan bahan kimia yang berkurang.

6. Rectifier

Rectifier merupakan sumber arus DC dari Proses Electroplating. Rectifier sebaiknya yang bisa diatur Volt DC nya, sehingga bisa disesuaikan dengan ukuran benda kerja dan jenis Platingnya.

7. Volt meter

Volt meter disini untuk mengukur Volt yang sedang digunakan dalam proses Plating. Volt diatur untuk mendapatkan ampere yang diinginkan atau sesuai dengan perhitungan standar. Pengaturan Volt yang tidak tepat akan mempengaruhi kualitas lapisan dan lamanya proses kerja.

8. Ampere meter

Ampere meter untuk mengukur ampere dari arus listrik selama proses Plating. Ampere ini sangat penting, karena bisa digunakan untuk menghitung  jumlah logam yang melapisi, sehingga bisa digunakan untuk menghitung biaya produksi.

Ampere meter idealnya yang digital agar lebih akurat dalam pembacaannya. Ampere ini juga sebagai parameter standar dari Plating, sebab setiap proses Plating mempunyai standar ampere per-desimeterpersegi yang berbeda-beda.

9. Tembaga

Tembaga untuk penghantar listrik dari Rectifier ke anoda atau katoda. Ukuran dari tembaga disesuaikan dengan ampere yang digunakan. Sebisa mungkin jangan banyak sambungan, karena dapat memperburuk aliran arus listrik. Setiap sambungan yang ada harus sering di cek dan dibersihkan agar arus listrik tetap lancar.

36 Comments

1

saya punya rencana buka bengkel chrome di Medan yang mau saya tanyakan reciver yang digunakan berapa Ampere? dan di medan peluangnya seperti apa.thanks

2

Untuk Rectifier tergantung volume bak atau ukuran dan jumlah barang yang ingin dikerjakan. Untuk pemula sebaiknya menggunakan Rectifier 200 ampere.
Untuk peluang bisnis bengkel chrom masih terbuka lebar terutama di luar P. Jawa. Karena persaingan di bisnis tersebut masih kecil.
Bisnis ini termasuk jenis bisnis yang tidak semua orang bisa melakukannya.
Selain harus memiliki modal yang cukup, perlu mendapatkan bimbingan yang tepat, dan memiliki semangat untuk belajar. Dan lebih baik lagi bila memiliki dasar teknik.
Terima kasih.

3

brp modal awal yg dibthkan u bgkl krom pemula,km rncn khusus utk speda motor aja tp bhn kerja tdk mliputi velg sm swing arm

4

Untuk bisnis chrom untuk pemula sebaiknya dimulai dari cairan 100 liter dengan kebutuhan modal sekitar 25 juta.

5

klo untuk home industri butuh dana brp mas?

6

Saya mau tanya. saya ingin buka usaha jasa pelapisan krom, brapa modal awal dan alat2 apa saja yg dibutuhkan, dan cairan apa saja. Trima kasih..

7

Untuk kapasitas 100 liter butuh modal 25 juta.
Kalau berminatsilahkan hubungi kami.
Terima kasih

8

Untuk paket terkecil 100 liter 25 juta. Apabila berminat silahkan menghubungi kami.
Terima kasih.

9

mas..tolong dong berikan contoh langkah-langkah nikel chrome, misal kita mau melapisi velg racing motor. mohon langkah-langkahnya seperti langkah-langkah resep masakan ya.. terima kasih.

10

Maaf, kami hanya bisa memberikannya pada saat pembelian paket atau pada saat pelatihan (sedang disiapkan tempat dan sarana).
Terima kasih.

11

Mas, misalnya saya sudah membeli paket yg 100liter, nah terus utk supply bahan selanjutnya gmn ya? krn logam anoda ‘kan tentunya habis terpakai.
Maksud saya apa bisa anoda didapat secara bebas (drpd harus dikirim)
Posisi di Medan.

12

Dalam proses nickel dan chrom plating, dalam penggunaannya ada beberapa bahan perlu ditambahkan karena terpakai seperti anoda nickel, brightener, chromic acid, dll. Untuk bahan-bahan tersebut hanya bisa diperoleh dipenjual bahan chrom seperti kami. Untuk wilayah medan, kami sudah punya customer. Untuk wilayah sumatra kami biasa kirim via bis esl lorena untuk jumlah kecil (dibawah 10 Kg), dan bis als untuk jumlah sedang (di atas 10 Kg).

13

Maaf saya yg dl pernah bl chemical ditmpt bpk, saya mau tanya dlm proses krom apa diperlukan copper terlebih dulu, soalnya chrom ditmpt saya hasilnya krng memuaskan, thank’s

14

Untuk menghasilkan chrom yang bagus tidak cukup hanya dari bahan kimianya, harus disertai setingan alat yang benar dan cara kerja yang sesuai dengan kondisi alat dan bahan kimia tersebut.
Anda tidak membeli paket dari kami, jadi kami tidak tahu setingan alat dan cara kerja anda.
Sudah banyak orang yang menanyakan tentang : apakah chrom mesti pakai tembaga? dan kami sudah menjelaskannya di postingan.
Pemilihan jenis plating yang digunakan tergantung dari bahan dan bentuk barang yang dikerjakan.
Kalau untuk besi dan aluminium tidak perlu tembaga, apalagi kalau bentuknya berongga atau pipa, karena cairan tembaga akan mengkontaminasi cairan nickel.
Thanks

15

selamat siang mas, saya baru saja mulai usaha krum ini ( krum putih , kuning di toko perak ), dapat info dari teman2 aja mulanya.. dalam praktek nya saya bnyk menghadapi masalah, sering warna kuning menjadi agak hitam, mohon pencerahan nya ya mas.. terima kasih

16

tambahan : alat2 yg saya gunakan : aqua bides, lalu di campur dgn obat sepuh 1 & 2, dan bubuk emas 40%.. yg semua nya bisa saya dapatkan di toko khusus peralatan krum di daerah rawabening jatinegara

17

Yang anda kerjakan bukan chrom, kemungkinan gold plate. Kami tidak tahu jenis kimia yang anda gunakan, yang lebih tahu yang jual bahan ke anda. Jadi sebaiknya anda tanyakan masalah anda ke toko yang jual obat. Untuk saat ini kami tidak melayani plating untuk perhiasan.
Terima kasih.

18

Siang mas,,mau nanya…
saya mau chrom perkakas satria FU saya :
-velg racing dpan-blkg
-swing arm
-tabung shock depan

kira-kira biaya sampe brapa ya mas???
trimakasih..

19

Untuk ongkos chrom silahkan hubungi bengkel chrom terdekat yang ada di website atau hubungi kami di 081230811733.
Terima kasih.

20

May 9th, 2012 at 01:10

Siang mas,,mau nanya…
saya mau chrom perkakas satria FU saya :
-velg racing dpan-blkg
-swing arm
-tabung shock depan

kira-kira biaya sampe brapa ya mas???
trimakasih..

21

May 9th, 2012 at 01:10

Siang mas,,mau nanya…
saya mau chrom perkakas satria FU saya :
-velg racing dpan-blkg
-swing arm
-tabung shock depan

kira-kira biaya sampe brapa ya mas???
trimakasih…..

22

ok mas trmksh…..

23

saya mau tanya, saya awam soal elektroplating.

saya mau tanya kalo mau bikin bengkel mikron atau krom kecilkecilan. seperti sepuh emas dan lain lain. kira2 alat yang digunakan apa aja ya? kalo disitu jual alatnya kira2 harganya sampai berapa dan apa ada pelatihan mesinnya. terima kasih

24

Maaf, kami tidak menyediakan alat plating untuk skala kecil atau untuk perhiasan dan aksesories.
Anda bisa mencari info di sesama pengrajin perhiasan atau aksesories.
Terima kasih.

25

Salam Metalindo Abadi.

Saya sering jasakan plating baut dan mur ke perusahaan plating.
Saya mau tanya. Kalau baut tersebut sudah di plating warna putih apa bisa di kuningkan dengan kimia aja seperti warna baut biasa tanpa di ulang dengan electro plating lagi.
Kalau bisa. bagaimana caranya dan bahan kimia apa yang digunakan.
Terima kasih atas infonya

Hormat kami
Hartopo

26

Kami mohon maaf, karena kami tidak menjual bahan yellow chromating untuk zinc plating.
Setiap proses pewarnaan di zinc (chromating) akan mengurangi ketebalan lapisan awalnya. Jadi apabila tebal lapisan zinc dari barang tersebut kurang, maka tidak bisa dichromating ulang. Dan juga akan mempengaruhi ketahanan korosi dari lapisan.
Jadi sebaiknya Bapak konsultasikan ke jasa yang mengerjakan barang tersebut.
Terima kasih.

27

sy punya alat krom udah hampir 3thun g d pke,,,
kira2 bsa g d pke lgi,, matur nuwun,,,

28

Cairan crom yang tidak dipakai tetap butuh perawatan, seperti sekali2x diaduk. Kalau didiamkan saja, apalagi selama 3 tahun, pasti kondisinya akan berubah. Akan ada bahan kimia yang terdegradasi dan menyebabkan cairan tidak bisa langsung dipakai.
Cairan mesti di analisa di laboratorium, untuk mengetahui apakah masih bisa diperbaiki atau tidak.
Sebaiknya anda hubungi tempat dimana anda dulu membeli bahan tersebut. Karena kalau orang lain tidak akan mau, karena biaya untuk analisa cukup mahal dan waktu untuk memperbaikinya sekitar 1 bulanan.
Masalahnya banyak yang jual bahan kimia dan alat chrom, tapi tidak punya laboratorium dan tenaga untuk analisa.
Sama seperti beli motor, tapi tidak ada bengkel dan montirnya.
Hal ini perlu diperhatikan bagi mereka yang baru ingin membuka bengkel chrom.
Terima kasih.

29

Mas kira2 kpan y pelatihan y di buka.

30

Maaf, kami tidak pernah membuka pelatihan. Yang kami latih hanya yang beli paket saja.

31

Untuk hasil plating yg tidak sempurna/berbulu d ujung barang yg diproduksi mohon pemecahan masalah seperti ini pak,,,,

32

Banyak orang yang menganggap belajar crom itu mudah, sehingga mencoba belajar sendiri. Padahal crom itu termasuk bidang ilmu electrokimia, jadi gabungan antara ilmu electro dan kimia. Kalau hanya bisa elctro atau kimia saja, dia tetap kesulitan belajar, apalagi kalau tidak paham sama sekali.
Ujung berbulu yang anda maksud kemungkinan besar karena burning (terbakar).
Penyebabnya bisa banyak, antara lain :
- Volt terlalu besar.
- Komposisi cairan tidak pas.
- Cara menggantung salah.
- Panas kurang (untuk nickel plating).
- Gelembung kurang.
- Kualitas aditif (brightener) kurang bagus.
Belajar crom itu bukan hanya asal tahu cairan electrolitnya, anodanya, dan rectifier saja. Banyak yang menganggap sama seperti membuat masakan, asal tahu resep, pasti bisa. Proses nickel dan crom plating bukan hanya sekedar asal nempel, perlu dipelajari bagaimana membuat lapisan yang menempel kuat dan memiliki kualitas yang bagus dengan biaya produksi seminimal mungkin. Untuk itu dibutuhkan settingan alat dan cara kerja yang benar.
Untuk bisa mensetting alat dengan benar dibutuhkan waktu tahunan untuk belajar teori electroplating. Oleh sebab itu orang awam sebaiknya mempelajari cara kerja (operator), dengan dibimbing oleh orang yang mensetting alat tersebut. Karena beda settingan alat akan mempengaruhi cara kerja.
Ibarat mobil, orang awan hanya bisa mengendarainya, bukan belajar cara merakit atau membuat mobilnya. Beda spesifikasi mobil, beda pula cara mengendarainya. Kalau orang mencoba membuat mobil dan akhirnya tidak bisa jalan, bisa2x dia memakai kuda agar mobilnya tetap bisa jalan, itulah cara tradisional.
Karena anda sudah membeli alat crom tanpa pengetahuan atau pembimbing yang benar, sama saja anda memasuki hutan tanpa bekal memadai dan penunjuk jalan yang andal, sulit mecari jalan yang benar. Dan kami tidak mungkin memberi petunjuk yang tepat, karena kami tidak tahu settingan alat, kondisi cairan dan cara kerja anda. Sebaiknya anda tanya ke orang yang menjual alat ke anda.
Terima kasih.

33

Klo untuk paket 100liter,
1.dibutuhkan ruang kerja berapa luas?
2.kebutuhan listrik berapa waat?
3.untuk wilayah madiun harga ongkir berapa?

34

Maaf, untuk wilayah madiun dan sekitarnya (100 km) kami sudah tidak melayani pembelian paket bengkel crom, karena sudah ada yang membeli paket dari kami.
Terima kasih.

35

Bengkel mana

36

Bengkel Gace Chrom, alamatnya bisa dilihat di website bagian kanan.
Market bengkel crom sangat terbatas, itulah kenapa kami memberlakukan sistem zona untuk pembeli paket.
Sebelumnya kami juga sudah menolak 2 calon pembeli sebelum anda. Bahkan ada 1 yang ngotot membeli alat dari orang lain dan hasilnya kurang memuaskan. Sedang Gace Chrom sudah mengupgrade baknya dari 100 liter menjadi 200 liter.
Kami akan membuka peluang lagi, bila pembeli paket di wilayah tersebut sudah tidak aktif atau sudah tidak menjadi binaan kami lagi.
Terima kasih.

Leave a Comment

Add to Technorati Favorites