Oct
31

Prinsip Dasar Electroplating 2

By

Proses electroplating dapat berlangsung karena karena adanya beda potensial antara anoda dan katoda dengan adanya larutan elektrolit sebagai penghantarnya.

Reaksi utama yang terjadi pada anoda :

M    ——>    M+        +         e

Reaksi utama yang terjadi pada katoda :

M+        +         e     ———> M

selain reaksi utama ada juga reaksi samping seperti :

H+ + e    <=====>    1/2 H2

O2 + H2O + 2e    <=====>    2 OH-

Besarnya reaksi samping ini akan menentukan efisiensi dari proses electroplating.

Contoh :

Untuk nickel plating menggunakan larutan elektrolit watts nickel memiliki efisiensi proses 96%. Artinya hanya 96% dari energi listrik yang terpakai digunakan untuk reaksi utama, sedang 4% digunakan untuk reaksi samping. Dimana di anoda terbentuk OH- yang bisa menyebabkan pH larutan menjadi naik, dan di katoda (benda kerja) terbentuk gas H2 yang bisa menimbulkan pitting apabila tidak menggunakan wetting agent atau tanpa pengadukan (blower).

Untuk chrom plating memiliki efisiensi proses sangat rendah sekitar 16%. Sehingga diperlukan katalis untuk menaikkan efisiensinya menjadi 25%.

Untuk copper plating umumnya memiliki efisiensi sangat tinggi hingga mencapai 100%.

Join the forum discussion on this post - (1) Posts

8 Comments

1

bagaimana cara yang paling tepat untuk membongkar lapisan nickel jika terjadi kegagalan pada pelapisan (kasar/pitting/terbakar)..???
selama ini saya melakukanya dengan melakukan poles dengan emery #120 dan itu cukup sulit dilakukan

2

butuh bahan bwat chrum dan alat2 apa saja

3

Untuk barang berukuran besar dan bentuk tidak rumit, bisa dengan menggunakan poles. Kalau hanya kasar atau pitting atau burning, tanpa ada yang mengelupas, cukup dengan emery 240 yang sudah hampir mati. Jangan menggunakan emery dibawah 200 (terlalu kasar), kecuali kalau kondisi barang sangat parah/berkarat.

4

Untuk bahan dan alat chrom sudah ada dipostingan kami.
Terima kasih.

5

sy mu tax ini pak?kadang hasil celupan sy kurang mengkilap.kira2 apa kendalax itu pak?sy pux bgkl crom d palu.

6

Untuk pencelupan di nickel yang kurang kilap, bisa disebabkan oleh salah satu atau beberapa sebab, yaitu :
– Kadar larutan nickel tidak standard atau terkontaminasi.
– Kualitas brightener nickel yang kurang bagus, atau cara penggunaan brightener yang kurang tepat.
– Setingan alat atau kualitas alat yang digunakan tidak tepat.
– Tidak mematuhi standard proses dari pelapisan nickel.
Sebenarnya masalah dichrom kebanyakan disebabkan oleh cara kerja dan setingan alat yang salah, akibatnya larutan nickel dan chrom menjadi terkontaminasi atau tidak stabil komposisinya, sehingga hasilnya juga tidak stabil.
Kurang pahamnya proses akan memunculkan cara kerja salah, contohnya : pencucian yang kurang bersih menyebabkan hasil nickel menjadi berbecak putih (flex), sehingga mesti dipoles dulu sebelum di chrom. Padahal dengan cara tersebut menyebabkan lapisan chrom tidak merekat kuat dengan lapisan nickel, akibatnya mudah mengelupas. Begitu juga kalau tidak benar cara menambah brightener, akibatnya mesti dipoles lagi. padahal kilap dari poles kadang-kadang menimbulkan bayangan garis atau kabut, tidak sebening kilap dari brightener.
Akibatnya biaya produksi menjadi mahal dan hasil tidak maksimal. Hal ini diperparah lagi bila alat yang digunakan kualitas dan kapasitas tidak sesuai.
Untuk memperbaiki masalah di larutan tidak sulit, tetapi untuk memperbaiki cara kerja dan setingan alat yang salah sangat sulit sekali, karena berhubungan dengan persepsi atau cara berpikir seseorang.
Terima kasih.

7

Seadainya mengingikan kursus atau pelatihan kemana saya harus kontak,terus kira-kira berapa lama kursus tersebut dan berapa biayanya
terima kasih

8

Maaf, saat ini kami tidak menyediakan kursus. Karena menurut pendapat kami, belajar chrom tidak bisa hanya dari melihat atau membaca saja, tapi harus praktek dan bimbingan dalam waktu yang cukup lama (tergantung daya tangkap individu). Oleh sebab itu kami hanya memberikan pelatihan dasar cara kerjanya selama 3 hari untuk pembeli paket, dan bimbingan selama 6 bulan untuk membantu mengatasi masalah.
Umumnya di kursus hanya didemokan pengerjaan barang yang bentuknya sederhana (pipa lurus), dan menggunakan alat dalam kapasitas kecil. Padahal barang yang dikerjakan di bengkel chrom bentuk dan ukurannya bermacam-macam. Setiap bentuk cara kerjanya berbeda. Untuk bahan aluminium memiliki jenis campuran logam (aluminium alloy) yang kadang tidak kita ketahui, sehingga resiko gagalnya lebih besar.
Untuk penjelasan lebih lanjut silahkan hubungi kami.
Terima kasih.

Leave a Comment

Add to Technorati Favorites