Apr
01

Teknik Poles 2

By
Ukuran emery berapa saja yang biasa digunakan

Sebagai bahan abrasive dalam proses poles, Emery mempunyai beberapa macam ukuran partikel. Ukuran yang umum beredar dipasaran mulai dari yang kasar : #80, #100, #120, #180, #200, #220, #240, #280, #320, #400, dan #600. Makin besar nomor makin halus ukuran partikel dari Emery.

Yang perlu diketahui, Emery dengan merk berbeda, meskipun nomornya sama, kadang bisa berbeda ukuran partikelnya. Hal ini terjadi bila  standar internasional yang digunakan berbeda. Umumnya standard yang digunakan adalah standard JIS, standard yang digunakan di Jepang.

Dalam poles, Emery ukuran #240 ke bawah termasuk kategori kasar, sedang ukuran #320 ke atas termasuk kategori halus.

Contoh urutan ukuran Emery yang digunakan dalam memoles besi

Untuk bahan yang bagus digunakan Emery ukuran #240 untuk kasaran, kemudian dilanjutkan dengan ukuran #240 mati, ukuran #400, dan #400 mati. Yang dimaksud #240 mati atau #400 mati, adalah kain poles yang sudah digunakan beberapa kali, dimana partikel yang menempel sudah tidak tajam lagi. Penggunaannya bertujuan untuk menghilangkan serat poles yang disebabkan oleh polesan sebelumnya.

Masing-masing tukang poles bisa saja berbeda urutan prosesnya, tergantung dari pengalaman masing-masing tukang poles.

Pada saat poles kasar sebagai media pelumas bisa dioleskan lemak sapi, mentega atau batu coklat pada permukaan emerynya. Untuk lemak sapi kelebihannya harga cukup murah, kelemahannya agak sulit menghilangkan lemak tersebut dalam proses pencucian sebelum chrom. Mentega kelemahannya pemakaiannya agak boros, karena pada saat proses poles permukaan logam menjadi panas, sehingga menteganya mudah menguap.  Kelebihan mentega sangat mudah mencucinya, karena banyak yang menguap selama poles. Batu coklat harganya lebih mahal, pemakaiannya lebih awet, dan relatif mudah pencuciannya.

Untuk Poles halus (#400 mati), dipermukaan emery diolesi dengan batu hijau, selain sebagai pelumas juga berfungsi sebagai pengkilap, sehingga proses pengkilapan nickel bisa lebih cepat.

Untuk memenuhi kebutuhan poles sebelum proses chrom, kami menyediakan semua bahan poles mulai dari Anchor, Emery, Kain Poles, Batu coklat, dan batu hijau. Apabila ada yang ingin ditanyakan, jangan segan-segan menghubungi kami.

36 Comments

1

punya cabang pemasaran alat2 di jawa tengah???

2

Kami belum punya cabang di jawa tengah. Hanya beberapa customer kami ada Di jawa Tengah (Solo, Jogja dan Salatiga). Untuk pemasaran hubungi 081230811733.
Terima kasih.

3

gimana caranya moles di lekukan-lekukan sempit yang ga bisa dijangkau gerinda….???

4

Untuk lekukan sempit menggunakan kain poles dengan diameter kecil. Atau membuat sendiri dari spon sandal dg tebal 1 cm yang dibentuk lingkaran dengan diameter sesuai kebutuhan. Lingkaran luar spon tersebut dilapisi dengan hampelas (kertas gosok dari bahan kain) dengan kekasaran sesuai kebutuhan. Hampelas direkatkan dengan menggunakan Lem kuning (Castol/Fox). Bisa menggunakan dinamo poles atau gerinda tangan.
Silahkan mencoba.

5

Apa fungsi batu coklat? Bgmn caranya jika saya ingin membeli emery dan kain poles? Bisakah dlm jmlh sedikit krn baru belajar

6

Batu coklat digunakan dalam proses poles awal (kasar) untuk bahan besi. Untuk pembelian bahan silahkan menghubungi kami.
Terima kasih.

7

setelah kita melakukan poles dengan emery #400mati, sebelum kita celup ke larutan nickel platting apakah kita perlu melakukan poles tanpa emery…???

8

Tidak perlu, kecuali ingin mengecek hasil poles dengan mengkilapkannya dengan kain poles yang diolesi batu hijau.

9

Untuk aplikasi alat electropolishing bagaimana pak

10

Electropolishing merupakan proses poles logam dengan bantuan arus listrik dengan perantara bahan kimia tertentu. Alat yang digunakan bak, anoda, heater, dan rectifier. Untuk bahan kimia yang digunakan tergantung dari jenis logam yang dikerjakan.
Contoh aplikasinya adalah poles plat stainless steel dan aluminium.
Terima kasih.

11

pak klau pencucian untuk barang besi,d cuci pakai sbun yg tlah d campur alkaline cliner langsung d plating atau ada proses lg..tlong penjelasan nya ya pak…trmakasi

12

Untuk konsultasi silahkan menghubungi kami melalui sms. Terima kasih.

13

kalo mau pesan emery bsa ga??????
terus kalo di daerah bandung ada cabang ga?????

14

Kami tidak punya cabang di Bandung. Untuk pesan emery silahkan hubungi kami di 0818328248/081230811733.
Terima kasih.

15

mas aku kan anag solo,.
kalo mau beli dimana tempay nya ya?

16

Alamat kami di Jl. Kelasi 19 Surabaya atau hubungi 081230811733.
Trims

17

kalo untuk poles fiberglass bisa pake batu ijo gak?? cara pakenya gimana sih?

18

Batu ijo bisa untuk poles fiber/resin. Caranya batu ijo dilarutkan dengan minyak tanah dan digosokkan ke fiber dengan kain kaos/halus.
Selamat mencoba.

19

pak kalau saya menggunakan arus listrik dengan trafo welding bisa gak untuk proses elektroplating.,.,
terima kasih,,

20

Trafo untuk welding tidak cocok untuk electroplating. Sebaiknya menggunakan trafo yang sesuai untuk electroplating.
Trafo untuk electroplating juga dibedakan lagi, tergantung dari jenis plating yang dikerjakan.
Misal : trafo untuk nickel plating tidak cocok untuk hard chrom plating atau anodizing.
Terima kasih.

21

untuk kisaran harga trafo, berapa pak
terima kasih sebelum nya

22

Untuk lebih jelas silahkan hubungi kami di 081230811733.
Terima kasih.

23

kalo harga poda poles kira-kira berapa ya…???

24

Harga kain poles tergantung ukuram diameternya. Untuk tahu harganya silahkan hubungi kami.
Trims

25

pak.. kalau habis nikel ada bintik- bintik rata kenapa ya? terima kasih

26

Pak. Nickel bintik2x itu penyebabnya banyak. Hal ini berhubungan dengan kondisi cairan nickel, kondisi alat dan proses kerja chromnya.
Kondisi cairan seperti :
- pH tidak standard
- Komposisi cairan tidak standard
- Kontaminasi
- Kualitas brightener kurang bagus
- dll
Kondisi alat seperti :
- Posisi gantungan salah
- Kain bungkus nickel asal-asalan
- Kualitas trafo kurang bagus
Proses kerja seperti :
- Bahan pencuci dan cara nyuci salah
- Cara bilas salah
- Kualitas air bilasan jelek
- Teknik poles salah

Kami tidak akan bisa membantu, karena untuk mengetahui penyebabnya, harus ditest dan ditelusuri satu2x, dan itu butuh waktu lama.

27

Saya mau tanya bisa gaktangki rx king di poles batu ijo?? mksh kang

28

Batu ijo berfungsi mengkilapkan, jadi silahkan anda coba.
Terima kasih.

29

bagaimana cara megkilapkan dan cara mengawetkan polesan?

30

Polesan berbeda dengan lapisan, jadi permukaan yang kilap sangat tipis sekali. Apabila terkena oksidasi atau gesekan akan cepat buram.
Ketahanan polesan tergantung bahannya, polesan di stainless steel lebih tahan dibanding polesan di aluminium, kuningan atau tembaga.
Untuk lebih mengawetkan bisa diberi lapisan pelindung seperti cat clear (bening) yang tahan gores (cat PU) dan mengandung anti UV (sinar matahari).
Hanya daya rekat catnya tidak bisa maksimal, karena tidak bisa memakai cat primer. Jadi ada kemungkinan mudah mengelupas.
Kalau untuk bahan stainless steel masih bisa difinishing dengan poles saja. Untuk bahan aluminium tidak cocok, karena mudah teroksidasi.
Terima kasih.

31

bahan apa yang digunakan untuk proses akhir pada polesan??
sehingga polesan bisa terlihat mengkilap??

32

Poles pakai batu hijau

33

saya berminat untuk training elektropolishing,,,apakah bapak menyediakan training mengenai teknik elektropolishing atau mengetahui informasi badan/perusahaan yang dapat menyelenggarakan training elektropolishing?…

terima kasih..

34

Maaf, kami tidak menyediakan training electropolishing, dan kami belum pernah dengar yang menyediakan training tersebut.
Terima kasih.

35

saya tertarik u/ usaha pemolesan almunium (poles velg mobil, juga perbaikan dari lecet lecet,baret baret) apa anda bisa membantu ?

36

Maaf, kami tidak bisa membantu untuk usaha poles. Karena kami lebih mengkhususkan di usaha bengkel crom.
Terima kasih.

Leave a Comment

Add to Technorati Favorites